Ingin Cepat Diterima Menjadi Pilot setelah Lulus Pendidikan? Ini Tipsnya

Setelah lulus dari pendidikan sekolah pilot, pastinya ingin melanjutkan impian yang telah dicita-cita sejak kecil yaitu menjadi pilot. Sebab, untuk menjadi pilot hal pertama yang harus dilakukan adalah masuk sekolah pilot terlebih dahulu untuk mendapatkan lisensi pilot (surat izin terbang). Sayangnya, tidak semua siswa dari sekolah penerbangan bisa langsung cepat diterima dimaskapai penerbangan untuk menjadi pilot. Ini semua dikarenakan tidak semua siswa yang telah lulus dari pendidikan sekolah pilot telah memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh maskapai penerbangan. Untuk merekrut seorang pilot, sudah pastinya pihak maskapai akan jelih karena profesi satu ini merupakan pekerjaan yang membutuhkan tanggung jawab besar. Jika pihak terkait merekrut pilot yang baru lulus tapi tidak sesuai dengan kriteria yang dicari, bukan tidak mungkin hal buruk bakal terjadi. Oleh karena itu, pihak maskapai penerbangan tidak bisa asal merekrut pilot yang baru lulus pendidikan. Apakah Anda ingin menjadi siswa pilot yang ingin cepat menjadi pilot? Jika iya, ini dia ada beberapa tipsnya.

Miliki lisensi MER

Di dalam dunia pilot ada istilah lisensi pilot (surat izin pilot). Jika pilot tidak memiliki lisensi, tidak akan bisa untuk menerbangkan pesawat. Lisensi pilot sendiri terdiri dari berbagai jenis seperti PPL (Private Pilot License) surat izin pertama yang dimiliki seorang penerbang.  CPL (Commercial Pilot License) merupakan surat izin lanjutan dari PPL. Jam terbang yang akan didapatkan dari lisensi ini adalah 200 jam terbang. IR (Instrument Rating) ini merupakan surat izin pelengkap dari lisensi CPL, dari lisensi CPL untuk mendapatkan IR siswa membutuhkan jam terbang sebanyak 20 jam terbang. MER (Multi-Engine Rating) merupakan lisensi pelengkap dari pada lisensi yang telah didapatkan seperti PPL, CPL, dan IR. Jika telah memiliki lisensi MER, Anda dapat membawa pesawat yang bermesin ganda. Tidak hanya itu saja, selain menjadi pilot Anda bisa menjadi instruktur dengan lisensi MER ini.

Jadi, bagi Anda yang ingin cepat menjadi pilot setelah lulus dari sekolah pilot, sebaiknya cari sekolah yang menawarkan lisensi MER. Lisensi satu ini dapat membuat Anda lebih mudah untuk diterima di maskapai penerbangan.

Jaga kesehatan

Setelah lulus dari pendidikan, bukan berarti Anda tidak menjaga kesehatan karena ketika hendak mendaftar menjadi pilot pastinya akan melakukan pemeriksaan kembali. Jika kesehatan tidak dijaga seperti mengkonsumsi obat-obatan terlarang, mana ada maskapai yang akan menjadikan Anda sebagai pilot. Oleh karena itu, menjaga kesehatan setelah lulus sekolah pilot harus tetap dijaga seperti, tidur tepat waktu, banyak mengkonsumsi air putih, menghindari mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang. Dengan kondisi kesehatan masih prima, besar kemungkinan akan lebih mudah diterima menjadi pilot.

Terus belajar Bahasa Inggris

Banyak siswa pilot yang selesai pendidikan tidak cepat menjadi pilot salah satunya dikarenakan minimnya kemampuan bahasa Inggris. Kemampuan bahasa Inggris yang pas-pasan, dapat membuat pihak maskapai berpikir dua kali untuk merekrut Anda menjadi pilot. Alasannya dikarenakan seorang pilot selama penerbangan akan selalu menjalin komunikasi dengan pihak ATC. Informasi yang diberikan ini menggunakan bahasa Inggris. Jika tidak paham, bisa beresiko di dalam dunia penerbangan. Jadi, teruslah belajar bahasa Inggris dengan baik, mengikuti les atau belajar secara otodidak bisa Anda lakukan agar setelah lulus pendidikan cepat diterima jadi pilot.

Bukan tidak mungkin cita-cita menjadi pilot akan terwujud setelah lulus dari pendidikan jika telah memenuhi syarat yang diinginkan oleh maskapai penerbangan. Nah, semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *