Kriteria Sekolah Pilot yang Sebaiknya Tidak Dipilih

Untuk mengapai apa yang diinginkan tentunya bukan hal yang mudah karena harus bisa melalui berbagai proses terlebih dahulu. Begitu juga untuk Anda yang punya cita-cita menjadi pilot. Masuk sekolah pilot merupakan langkah awal yang harus dilalui terlebih dahulu karena menjadi pilot harus memiliki ilmu tentang dunia penerbangan dan surat izin terbang. Masuk sekolah penerbangan sendiri harus lulus tes terlebih dahulu. Adapun tes yang harus dilalui seperti tes kesehatan dan tes akademik. Sebab, kedua tes itu sangat penting nantinya untuk menjadi seorang pilot.

Ngomong-ngomong soal sekolah pilot, pastinya setiap sekolah tidak sama. Oleh karena itu, saat memilih sekolah penerbangan harus dipertimbangkan segala sesuatunya terlebih dahulu dengan baik. Bukan tidak mungkin, jika tidak pilih-pilih sekolah pilot bisa terjadi hal buruk salah satunya seperti lulus sekolah yang lama. Untuk meminimalisir agar semua ini tidak terjadi, sebaiknya ketahui terlebih dahulu kriteria sekolah penerbangan yang akan dipilih. Jika Anda menemukan sekolah pilot dengan kriteria berikut ini sebaiknya jangan dipilih.

Fasilitasnya kurang mendukung

Kriteria pertama dari sekolah pilot yang sebaiknya tidak dipilih adalah sekolah dengan fasilitas yang kurang mendukung. Ini dikarenakan dari segi fasilitas dapat menjadi acuan Anda agar bisa belajar dengan maksimal dan bisa lulus tepat waktu. Jika fasilitas yang tersedia tidak sesuai, mana bisa akan mendapatkan materi dengan maksimal dan bisa lulus tepat waktu. Maka dari itu, jangan pilih sekolah penerbangan yang tidak memiliki fasilitas mendukung.

Sekolah pilot yang sebaiknya dipilih itu sekolah yangĀ  menyediakan fasilitas mendukung seperti asrama, pesawat (pastikan jumlah pesawat sesuai dengan siswa yang ada, adapun perbandingannya yaitu 1:5), ruang belajar yang menjamin, instruktur yang mendukung, dan memiliki tempat latihan terbang sendiri. Masuk sekolah pilot dengan fasilitas mendukung, akan memberikan untung buat Anda sendiri nantinya.

Lisensi yang tersedia tidak lengkap

Ada banyak jenis-jenis lisensi yang harus dimiliki oleh seorang pilot. Pastikan terlebih dahulu bahwa sekolah menyediakan 4 jenis lisensi ini yaitu PPL (Private Pilot Licence), CPL (Commercial Pilot Licence), IR (Instrument Rating), dan MER (Multi Engine). Lisensi sendiri merupakan surat izin bagi sorang pilot, yang mana artinya untuk bisa menjadi seorang pilot harus memiliki lisensi terlebih dahulu. Jika telah memiliki lisensi PPL dan CPL, Anda telah bisa mendaftar di maskapai penerbangan akan tetapi ini akan sulit karena jam terbang yang dimiliki belum begitu tinggi. Jika Anda masuk di sekolah pilot yang menyediakan lisensi lengkap, peluang untuk bisa menjadi pilot akan besar karena semakin banyak lisensi, akan semakin banyak jam terbang yang didapatkan.

Durasi belajar terlalu lama

Durasi juga sangat penting dipertimbangkan. Tidak semua sekolah menawarkan durasi belajar yang sama. Jika sekolah menawarakan durasi belajar yang terlalu lama, sebaiknya cari sekolah pilot lain karena dari durasi ini dapat memberikan keuntungan sendiri bagi Anda nantinya. Adapun keuntungan yang akan didapat dari sekolah pilot dengan durasi belajar lebih singkat yaitu dapat menghemat uang dan peluang untuk mencari kerja lebih besar karena pesaing lebih kecil. Oleh karena itu, pilihlah sekolah pilot yang menawarkan durasi belajar kurang dari 1 tahun atau 12 bulan.

Bukan hal yang mudah untuk memilih sekolah pilot yang berkualitas bagus. Oleh karena itu, agar tidak terjebak memilih sekolah penerbangan, hindari pilih sekolah dengan kriteria di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *