Waspada jika Sekolah Penerbangan Memiliki Kriteria Ini!

Punya cita-cita jadi pilot? Siapa sih yang tidak tertarik? Gaji yang tinggi, adanya jenjang karir, & punya kesempatan traveling gratis merupakan keuntungan profesi pilot yang menggiurkan kebanyakan orang, termasuk kamu. Sebagai langkah awal untuk mewujudkan cita-cita kamu, pertimbangkan masuk sekolah penerbangan. Banyaknya sekolah pilot yang ada saat ini boleh jadi buat kamu dilema. Namun, jangan biarkan hal ini buat kamu melakukan kesalahan dalam memilih sekolah penerbangan karena biaya pendidikannya yang terbilang mahal meskipun bisa dicicil hingga sebelum masa pendidikan berakhir. Jika sekolah penerbangan yang bakal dipilih memiliki kriteria ini, sepatutnya waspada!

Baru beberapa bulan didirikan

Untuk menarik calon kadet, sekolah pilot baru kadang kala menawarkan biaya pendidikan yang sedikit lebih murah dari sekolah pilot profesional. Sebaiknya tidak terlena dengan penawaran biaya pendidikan yang lebih murah. Mengapa? Ada beberapa kasus sekolah penerbangan yang baru seumur jagung ditutup karena manajemen keuangan yang buruk, tidak memberikan pendidikan & pelatihan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan Kementerian Perhubungan, dsb. Kondisi ini membuat para kadet jadi terlantar. Mereka telah kehilangan banyak uang tapi pendidikan tidak bisa diselesaikan. Kalaupun pindah ke sekolah lain, mereka harus membayar biaya pendidikan full lagi. Tidak ingin mengalami hal yang sama, bukan?

Gabung dengan bandara komersil dengan traffic tinggi

Setiap sekolah pilot memerlukan bandara sebagai tempat praktek penerbangan para kadet. Apabila sekolah pilot yang bakal dituju ternyata bergabung dengan bandara komersial terutama dengan traffic yang tinggi, sebaiknya pikirkan lagi. Aktivitas pesawat komersil yang tinggi bakal membuat praktek penerbangan jadi terganggu. Pada akhirnya, kamu bakalan tidak lulus tepat waktu. Di samping itu, boleh jadi jam terbang yang dimiliki tidak utuh karena jam terbang sudah dihitung ketika mesin pesawat dihidupkan & pada saat yang bersamaan ada pesawat komersil yang akan take off atau landing.

Jikalau sekolah pilot ternyata menggunakan bandara komersil tapi traffic-nya rendah, tidak perlu dipermasalahkan. Namun, alangkah baiknya jika memilih sekolah yang punya bandara tempat latihan terbang sendiri 😀

Pesawat latih yang kurang memadai

Tak lupa mengecek kuantitas pesawat latih yang dimiliki oleh sekolah penerbangan sebelum memutuskan untuk bergabung, bisa melalui website resminya atau bisa juga dari para alumninya. Sekolah pilot yang tepat memiliki pesawat latih yang memadai sehingga dapat memenuhi standar penerbangan yakni 1 pesawat hanya untuk 5 orang peserta didik. Jika diketahui sekolah pilot yang bakal dituju tidak punya pesawat latih yang memadai, patut diwaspadai. Jika kamu terjebak, konsekuensi yang harus dihadapi adalah lambat lulus karena kamu harus bergantian dengan para kadet lainnya untuk melakukan pelatihan penerbangan.

Sekolah penerbangan bisa dibilang sekolah elit karena biaya pendidikannya mulai dari ratusan juta hingga miliaran Rupiah. Berangkat dari kondisi ini, kamu yang tertarik menjadi kadet sekolah pilot harus benar-benar teliti dalam memilih sekolah. Jangan sampai biaya yang telah banyak dikeluarkan tidak membuahkan hasil yang memuaskan. Semoga informasi di atas dapat membantu kamu menemukan sekolah penerbangan yang berkualitas. Good luck 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *